Ini Teknik Dasar Bola Basket untuk Meraih Kemenangan dalam Pertandingan

Dengan teknik dasar bola basket yang benar, besar peluang tim Anda akan menang. Selain itu, penggunaan teknik bermain yang tepat juga akan menambah keseruan permainan basket. Sebab, basket akan kian tertib sekaligus menantang. 


Lantas, apa saja teknik dasar permainan ini? Sudahkah Anda mengetahuinya? Untuk menjawab perihal apa saja teknik dasar basket, yuk terus simak penjelasan lengkapnya di bawah ini. 

Daftar Teknik Dasar Bola Basket
Teknik dasar basket terdiri dari bermacam-macam jenisnya. Pertama, dimulai dari passing. Passing disini merujuk pada pemberian bola ke teman satu tim. Sebelumnya, perlu diperhatikan bahwa dalam basket, bola tidak boleh dibawa lari begitu saja tanpa ada gerakan dari pemain. 

Artinya, pemain yang memegang bola basket harus menggerakkan bolanya jika ingin berpindah. Yang mana biasanya dilaksanakan melalui dribble. Atau merupakan kegiatan memantulkan bola ke lantai lapangan untuk dibawa berpindah. Selain dribble, juga bisa dengan passing. 

Passing bisa pula diartikan sebagai pemberian umpan kepada teman. Ada 3 jenis passing. Berupa, chest pass, overhead pass, serta bounce pass. Masing-masing jenisnya digunakan tergantung pada kondisi yang dikehendaki pemain. Untuk chest pass, yakni mengumpan dengan bola setinggi dada. 

Kemudian, jika overhead pass bola diumpankan dari atas kepala pemain. Sedangkan bounce pass, melalui pantulan bola ke lantai lapangan untuk diterima teman lainnya satu tim. Lalu, teknik dasar selanjutnya adalah shooting. Ya, shooting sama halnya dengan menembak. Artinya, bola ditembakkan supaya bisa masuk ke ring lawan, sehingga poin tercetak. 

Ada pula gerakan dasar teknik pivot. Benar, pivot berarti berputar. Tujuannya, supaya bola tidak diambil lawan. Dengan kata lain, untuk menyelamatkan bola dari serbuan lawan. Selain itu, juga terdapat gerakan rebound. Mungkin Anda sering mendapati pemain basket yang hendak kembali memasukkan bola ke ring usai gagal masuk. 

Itulah rebound. Apabila didefinisikan, berarti kegiatan memasukkan bola basket kembali ke ring setelah gagal sebelumnya. Dalam hal ini, rebound dilakukan secara langsung usai shooting tidak berhasil membuat bola masuk ke ring. 

Tips Memaksimalkan Teknik Dasar Bola Basket
Beberapa teknik dasar bermain basket telah disebutkan sebelumnya. Akan tetapi, apabila hanya sekadar mengetahui tanpa mengaplikasikannya dalam basket, rasanya percuma. Untuk itu, supaya bisa mahir dalam menerapkan setiap teknik dasar yang ada, alangkah baiknya untuk rutin berlatih. 

Selain meningkatkan skill, berlatih juga bisa membuat Anda melakukan evaluasi terhadap gerakan yang kurang pas. Hal ini baik sekali guna meraih kemenangan pada pertandingan yang akan dijalani. Ketika mendekati hari H pertandingan, latihan rutin memang perlu. 

Namun, sebaiknya Anda pun jangan terlalu memforsir diri untuk latihan akibatnya kurang prima saat pertandingan berlangsung. Akan lebih baik jika energi yang ada dialokasikan secara tepat untuk latihan maupun saat hari H pertandingan. Dengan begitu, besar kemungkinan kemenangan akan diraih tim Anda. 

Jangan Lupa untuk Membangun Kekompakan Tim
Yang juga penting, supaya menang dalam pertandingan basket, membangun kekompakan tim adalah hal yang penting. Tim yang kompak akan menghadirkan permainan yang harmonis. 

Para pemain saling bekerja sama untuk memasukkan bola ke ring lawan. Semakin kompak dengan teknik dasar yang benar serta strategi yang tepat, sangat besar peluang kemenangan. Penguasaan terhadap lapangan juga perlu. 

Untuk meningkatkan skill dari tim basket Anda, sekaligus menambah kekompakkan, alangkah baiknya sparing atau latih tanding dengan tim lain. Hal ini bisa menjadi sarana untuk mengoptimalkan teknik dasar bola basket melalui strategi yang pas. Sehingga, boleh dikatakan kemenangan menjadi ada di depan mata. 

Related Posts

Ini Teknik Dasar Bola Basket untuk Meraih Kemenangan dalam Pertandingan
4/ 5
Oleh